Bolehkah membaca lebih dari satu surat dalam satu rakaát ?
Oleh : Abu Fatwa Albani
(Syamsudin Mukti)
Prinsip dasar dalam ibadah itu diam
tidak mengamalkan sebelum ada dalil yang mengizinkannya baik berupa qauliyah,
fi’liyah atau taqririyah (persetujuan) rasulullah shallallahu álaihi wa sallam. Berbeda
halnya dengan urusan muamalah prinsip dasar muamalah itu bekerja dulu baru
berhenti setelah ditemukan dalil larangan. Adapun kaitan dengan permasalahan
yang sedang dipertanyakan ini adalah termasuk ranah ibadah maka seyogyanya
harus berdasarkan dalil naqli al-Quran atau as-Sunnah.
Baiklah kita perhatikan riwayat berikut
mengenai shalat malamnya rasulullah shallallahu álaihi wa sallam ;
عَنْ
حُذَيْفَةَ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
ذَاتَ لَيْلَةٍ فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ فَقُلْتُ يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ
ثُمَّ مَضَى فَقُلْتُ يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ فَمَضَى فَقُلْتُ يَرْكَعُ
بِهَا ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ فَقَرَأَهَا ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ
فَقَرَأَهَا يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيحٌ سَبَّحَ
وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ ثُمَّ رَكَعَ
فَجَعَلَ يَقُولُ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ
قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ثُمَّ قَامَ طَوِيلًا
قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى
فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ قَالَ وَفِي حَدِيثِ جَرِيرٍ مِنْ
الزِّيَادَةِ فَقَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْد.
Dari
[Hudzaifah] ia berkata; Pada suatu malam, saya shalat (Qiyamul Lail) bersama
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau mulai membaca surat Al
Baqarah. Kemudian saya pun berkata (dalam hati bahwa beliau) akan ruku' pada
ayat yang ke seratus. Kemudian (seratus ayat pun) berlalu, lalu saya berkata
(dalam hati bahwa) beliau akan shalat dengan (surat itu) dalam satu raka'at.
Namun (surat Al Baqarah pun) berlalu, maka saya berkata (dalam hati bahwa)
beliau akan segera sujud. Ternyata beliau melanjutkan dengan mulai membaca
surat An Nisa` hingga selesai membacanya. Kemudian beliau melanjutkan ke surat
Ali Imran hingga selesai hingga beliau selesai membacanya. Bila beliau membaca
ayat tasbih, beliau bertasbih dan bila beliau membaca ayat yang memerintahkan
untuk memohon, beliau memohon, dan bila beliau membaca ayat ta'awwudz (ayat
yang memerintahkan untuk memohon perlindungan) beliau memohon perlindungan.
Kemudian beliau ruku'. Dalam ruku', beliau membaca: "SUBHAANA RABBIYAL
'AZHIIM." Dan lama beliau ruku' hampir sama dengan berdirinya. Kemudian
beliau membaca: "SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH." Kemudian beliau
berdiri dan lamanya berdiri lebih kurang sama dengan lamanya ruku'. Sesudah itu
beliau sujud, dan dalam sujud beliau membaca: "SUBHAANA RABBIYAL A'LAA.Sementara
di dalam hadits Jarir terdapat tambahan; Beliau membaca: "SAMI'ALLAHU
LIMAN HAMIDAH RABBANAA LAKAL HAMDU." Hr. Muslim : 1291.[1]
Dari hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa :
1. Rasul
membaca surat al-Baqarah, an-Nisa dan Ali Imran pada qiyam (berdiri) rakáat
pertama setelah membaca al-Fatihah.
2. Rasul
mendahulukan membaca surat an-Nisa daripada surat Ali Imran
3. Lama
rukuk, i’tidal dan sujudnya rasul sama seperti lamanya ketika beliau qiyam.
4. Rasul
bertasbih manakala lewat atas ayat tasbih
5. Rasul
memohon kepada Alloh manakala lewat atas ayat yang memerintahkan permohonan.
6. Rasul
meminta perlindungan (taáwwudz) manakala lewat atas ayat yang memerintahkan
utntuk memohon perlindungan.
Maka
dengan hadis ini dapat ditarik sebuah kesimpulan hukum bahwa :
1. Sunat
membaca lebih dari satu surat dalam satu rokaát.
2. Boleh
membaca surat tidak sesuai dengan urut surat
3. Sunat
mengulang-ulang bacaan rukuk, i’tidal dan sujud sampai tidak ada batas bilangan
4. Boleh
mengucapkan tasbih, taáwudz atau memohon permintaan kepada Allah ketika lewat kepada
ayat yang memerintahkan hal itu.
Para
ulama terdahulu yang berpendapat seperti di atas yaitu Imam Syafií dan
kawan-kawannya, al-Auzaí, Abu Hanifah dan orang-orang Kuffah, Ahmad dan Jumhur.[2]
Wallahu A'lam.
Maraji’:
[1]
Tirmidzi ; 262. Nasai ; 1008, 1009, 1046, 1069. Abu Daud : 871, 874. Ibnu Majah ; 888, 897, 1351. Ahmad : 22729, 22789,
22800.
[1]
asy-Syaukani, Nailul Authar Syarh Muntaqa al-Ahbar : II : 228, 229.
Super sekali .....
BalasHapus